Sunday, November 2, 2014

Refund Rate Clickbank

Menghitung Refund Rate ClickBank? Ok, berapa banyak dari Anda yang ingin main ClickBank? Jika Anda adalah murid dari salah satu sekolah Internet Marketing besar yang didirikan oleh “guru”nya Internet Marketing Indonesia, besar kemungkinan bahwa Anda akan berkecimpung di ClickBank.


Hal ini wajar saja sebab materi yang diberikan mayoritas adalah ClickBank. Anda akan dirujuk juga untuk mendaftar di suatu situs agar bisa dapat melihat kualitas suatu produk yang dijual dalam ClickBank. Masalahnya adalah… informasi yang diberikan situs tersebut adalah BULLSHIT atau penipuan besar-besaran. Hei, ClickBank tidak pernah membeberkan data-data sensitif seperti itu, darimana situs tersebut dapet data tersebut? Coba pikirkan. 
Saya berikan tips yang akan menghemat uang Anda, jangan daftar di situs tersebut, ada rumus untuk menghitung refund rate suatu produk yang mereka gunakan. Anda hanya perlu menyisihkan sedikit waktu saja googling dan voila… Anda dapat menghitung sendiri tanpa perlu situs tersebut! Saya paparkan rumus tersebut disini langsung dengan contohnya: Produk Bagaimana Menjadi Gila (contoh produk rekayasa) dengan detil sebagai berikut: 

P = Product Price = $49.00 (lihat di situs vendor) 
S = Avg $/sale = $33.18 (lihat di ClickBank Marketplace) 
C = Commision Rate = 75% (lihat di ClickBank Marketplace) 

Nah 3 itu hal yang kita perlukan… sekarang ayo kita hitung bersama. 

VC = Vendor Commision (komisi yg didapet vendor setelah potongan biaya dari ClickBank) = (P x 92.5 / 100) – 1 = (49 x 92.5 / 100) – 1 = $44.33 

AC = Affiliate Commision (komisi yang Anda dapat sebagai affiliate) = VC x C = 44.33 x 75% = $33.24 
R = Refund (selisih Affiliate Commision dengan Avg $/sale) = AC – S = 33.24 – 33.18 = 0.06 

RR = Refund Rate (perbandingan jumlah Refund dgn Affiliate Commision) = R / AC = 0.06 / 33.24 = 0.19% 

Nah dari contoh diatas, diketahui Refund Rate produk tersebut adalah 0.19%. Inilah rumus yang digunakan oleh situs tersebut dan yang bisa Anda gunakan sendiri lain kali jika Anda berminat untuk memasarkan suatu produk dari ClickBank. 

Next, MESKIPUN sekarang Anda tahu bagaimana cara Refund Rate itu dihitung, saya TIDAK yakin rumus yang mereka gunakan itu benar-benar menggambarkan refund rate ASLI dari suatu produk ClickBank. 

Masuk akal memang jika Anda coba logika kembali atau jika Anda tanyakan pada teman Anda yang jago matematika. Mengapa? Mudah saja, karena akan sering sekali Anda menjumpai Refund Rate suatu produk bernilai NEGATIF!! Wow, gimana caranya tuh coba? Sampai saat ini saya tidak terlalu percaya dengan hal ini. Saya sendiri memasarkan produk ClickBank, dan Refund Rate saya SANGAT bervariasi dan tidak bisa diprediksi oleh rumus awal tersebut. 
Semoga apa yang saya bagikan mengenai refund rate ckickbank hari ini bisa berguna. Hehehe…
By Richard Wardhana

Note :
If you prefer to calculate it yourself and here it is: 
  • Average Refund Rate=(Affiliate Commission - $/sale)/ Affiliate Commission 
  •  Affiliate Commission= (Product Price ? Product Price * 7.5% -$1) * %/sale 
I'd like to do it with my calculator

Subscribe to this Blog via Email :